[INDONESIA] Saat Sikut dan Lutut Kita Menyakiti Orang Lain

Kali ini saya ceritakan pengalaman saya yang menurut saya kurang pas bila terjadi / dilakukan pada sat kita sholat berjamaah.

Hal ini terjadi ketika Sholat Dhuhur berjamaah di Masjid Petrokimia Gresik. Lagi-lagi karena ada jamaah yang tidak peduli dengan jamaah di sebelahnya.

Ketika sholat dimulai, saya kurang nyaman dengan seoranh jamaah di sebelah saya. Orangnya jauh lebih pendek dari saya. namun dia berdiri dengan membuka kakinya cukup lebar.

Timbul masalah ketika sujud. Dia merentangkan sikunya melebihi tubuhnya sehingga saya agak terhalang ketika mau sujud.  Akhirnya sikunya yang tajam menusuk lengan saya. Hal ini terus berulang sampai sholat selesai.

Saya tahu dan pernah belajar sholat di Saluran Ramadhan sebuah stasiun TV.  Sang ustad mengajarkan sholat yang berdampak positif bagi kesehatan.  Salah satu gerakannya adalah ketika sujud kita harus merentangkan siku kita selebar-lebarnya, sehingga posisi siku sejajar dengan posisi telapak tangan.

Namun menurut saya gerakan semacam itu hanya dapat dilakukan ketika sholat sendirian. Buka pada saat sholat berjamaah. Selain karena mengganggu jamaah di sebelahnya, hal tersebut juga menyebabkan shaft kita tidak bisa rapat.

Yang kedua ketika duduk tahiyyat awal dan akhir.  Lagi lagi karena dia duduknya membuka kaki sangat lebar sehingga saya tidak punya ruang duduk yang cukup.  tapi sebenarnya yang mengganggu adalah lulutnya yang keras (lagi-lagi) menusuk paha saya.

Aturan yang ideal sebenarnya ketika sujud lengan kita bersentuhan dengan lengan jamaah sebelah. Ketika duduk tahiyyat, paha kita bersentuhan dengan paha jamaah sebelah.

Kalai sikut kita ketemukan dengan lengan orang atau lutut kita ketemukan ke paha orang lain, kasihan orang tersebut.

Kadang-kadang kalau saya terpancing, ganti saya sodokkan siku atau lutut saya ke orang tersebut hahahaha….

Leave a Reply

